Pepatah pun bisa ‘PATAH'

Selamat sore teman teman sejawat, secawat dan sekecamatan.
                Buat mulai postingan sekarang gue Cuma mau ngebuat statment mengenai pepatah ‘jangan nilai buku hanya dari sampulnya saja’ gue berani jamin kalo itu pepatah ga selamanya BENAR, kenapa??  soalnya gue baru aja ngerasaain itu beberapa hari yang lalu, jadi gini ceritanya.
                Siang itu jam terakhir di kelas gue tuh pelajaran matematika, tumben setumben tumbenya ruben onsu ga ngondek lagi #eh gue ngerasa enjoy dalam pelajaran ini, pas kira kira sepuluh menit lagi bel pulang, gue sengaja pergi ke WC, niatnya gue pengen cuci muka, biar sedikit ngegantengin hahaha :3 naah pas mau ke WC, gue sengaja ngambil jalan yang muter biar rada lamaan naah pas lewat depan kopsis ada Mr.Mansyur gapake ‘S’ soalnya dia bukan penyanyi dangdut biarpun sedikit mirip sama Briptu Norman (garing? biarin :p) kebetulan dia lagi bawa gunting, *sambil menghunuskan gunting* ‘itu rambutnya perlu di rapihin kayanya?’ gue *ngiprit ke wc sambil teriak* ‘enak mu hahaha’. Dari depan Kopsis ke WC tuh jaraknya kira kira sekitar 50 meteran, tapi bagi gue udah kaya lari maraton 1000 meter. Bikin napas cekat cekot.
Nah pas lagi nunduk ngeluarin air kencing yang sudah tertahan selama hampir 2 setengah jam terus gue mikir waah kayanya ni rambut mesti dicukur deh, bisa bahaya nanti. Nah abis tuh air keluar semua, gue langsung cuss ke kelas lagi, eh pas naek tangga ketemu si ibu ‘eh rangga abis kejebak macet ya? Ko lama ke WC nya?’ *garuk garuk idung+komat kamit* ‘mules bu tadinya hehe’ *gue salim* *sambil pergi* ‘oh kirain macet ’ gue *garuk garuk perut+ketawa maksa HaHa*.
Nah pas masuk kelas, suasana udah mulai ricuh, biasa lah guru keluar langsung deh sifat aslinya pada menampakan diri, ada yang langsung coret coret di bor, ada yang langsung teriak(itu gue biasanya), ada yang langsung makan(itu juga gue biasanya), terus ada juga yang berubah jadi Kolor Ijo, rame lah pokonya, nah abis gue ngambil tas gue langsung pulang kerumah naek angkot 06 *bikin status: OTW rumah sama BMW merah gue :D*
Rencananya gue pengen dicukur di tempat cukur deket RS wijaya Kusumah, tapi karena gue naek angkot, dan lagi sibuk smsan, mungkin di benak kalian timbul banyak pertanyaan, bagaimana gue smsan, sedangkan waktu itu (sekarang juga masih T-T) gue ehm single, kira-kira kalo gue smsan gini nih: |Text: REG JOMBLO. . To:9288| T___T #abaikan
nah gara-gara keasikan smsan gue jadi lupa tempat yang gue tuju, jadi aja kelewatan, kalo basa arabnya nya si khebablassan, karena gue baru di daerah situ, gue jadi rada keder buat nyari tempat cukur, pas gue udah mulai nyerah, gue ngeliat satu plang besi berkarat yang di paku di sela-sela gang antara mesjid sama wc umum, itu plang pangkas rambut, gue langsung sumringah dan pergi kesana.
pas gue masuk gue rada nyesel, tempatnya bener-bener ga oke, gelap, lembap, hapeuk, dan kotor, dan pas tukang cukurnya masuk hati gue bener-bener mencelos, di jalanya (maaf) pincang, terus sambil bawa es cendol, nah yang bikin mencelos itu es cendolnya, soalnya dari pagi gue ga minum-minum, dan kayanya enak banget beroh~
Pas dia ngeliat gue, mukanya langsung sumringah kaya yang ketemu artis, terus dia nanya, sebenernya dia nanya bahasa sunda, tapi gue translate biar orang selain orang sunda ngerti percakapan kita “mau cukur de?’ gue jawab dengan suara yang bergetar “iya bang”
Dia simpen tuh cendol di pinggir kaca, terus tanpa ba-bi-bu lagi dia langsung nyukur kepala gue, gue yang dari tadi perhatianya teralihkan oleh es cendol itu belum sadar kalo ada yang salah sama si tukang cukur ini, nah pas udah lima menitan gue baru sadar, gue belum bilang dicukurnya mau kaya gimana, mau model apa, dan si abang-abangnya juga ga nanya, pas gue liat ke kaca, yaAllah, potongan rambut gue udah jadi potongan rambut tukul arwana, asli gue ga lebih-lebihin, gue mau marah kasian ke dia, yang gue tangkep dari tempat cukur ini, kayanya bru beberapa orang yang dateng kesini, soalnya tebaran bulu kepala yang ada dilantai tempat cukur ini masih sedikit, jadi gue kasian juga.
Akhirnya gue minta berhenti tuh si abang abang tukang cukurnya, dia bukanya berhenti malah nanya gue tentang persoalan penyakit mata dan dia ngeyakinin gue kalau gue itu bukan mata mins, tapi mata gue kena katarak,  pas abis bilang gitu dia malah lanjutin nyukur dan bentuk rambut dikepala gue ini udah ga karuan, bagian depanya udah mirip potongan rambut si tukul arwana, dan belakangnya tetep panjang, kayanya dari tadi ga dicukur.
Nah, mendadak ada seorang yang masuk, dia kayanya mau dicukur juga. “wa bang odinya ga ada tah?” dia nanya ke orang yang lagi mencabuli rambut gue ini. “ga ada jang, yaudah sinih aja kalo mau dicukur mah, sama abang, sama aja ko haha” mukanya orang yg di panggil jang sama pencukur ini langsung menyiratkan “gue? dicukur sama lo? sori gue masih sayang rabut” dia Cuma bilang makasih, dia bilang kalo dia kesitu mau ada perlu sama bang odi, tapi dari mukanya gue tau, dia bukanya au ada urusan, cuman gamau kalo mesti dicukur sama pencukur ini.
gue yang gamau rambut gue makin ga karuan minta berhenti, dan akhirnya dia bilang sambil senyum “nah udah dicukurnya, sesuai pesanan kan” gue cuman jawab iya sambil maksain senyum, dalem hati gue ngomong, pesanan dari mana? ngomong aja belum, udah maen pangkas aja nih rambut, untung udah tua lu, coba kalo seumuran (biar seumuran juga gakan gue apaapain, ga tega).
pas gue keluar dari situ, gue langsung nyari ojek terus gue minta dianterin ke tukang cukur yang lain, di sepanjang perjalanan gue mikir, yang namanya pepatah jangan liat buku dari sampulnya itu ternyata salah, bagi gue seengganya, soalnya dari kesan pertama yg gue liat si abangabangnya emang udah ga meyakinkan, tapi teringat pepatah klasik itu gue kesampingin pikiran gue, nah sekarang siapa yang rugi, gue mesti ke tukang cukur lagi, buat ngerapihin potongan rambut gue, dan satu yang gue pelajarin hari itu, terkadang memang kita mesti ngeilat buku dari sampulnya, jangan kita telen mentah mentah apa yang leluhur kita warisin, apa lagi soal pepatah.

Komentar